Translate

mouse

Flame Sword

Kamis, 17 November 2016

Narasi Jurnal Penelitian

Diambil dari SAP Minggu ke-11 dengan judul “Peran system pengaturan, good governance.”
Jurnal yang berkaitan dengan judul diatas, berikut adalah link nya: http://madib.blog.unair.ac.id/files/2012/04/peranan-budaya-korporat-pt-aneka-tambang-dlm-pelaks-gcg.pdf.
Berikut penjelasan atau narasi yang saya buat berdasarkan jurnal penelitian tersebut.
ANALISIS HUBUNGAN PERANAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PT ANEKA TAMBANG TBK
Dari judul penelitian tersebut, memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan budaya perusahaan terhadap pelaksanaan GCG (Good Corporate Governance) pada PT Aneka Tambang, Tbk. Dan apa manfaat yang diperoleh PT Aneka Tambang, Tbk dengan adanya pelaksanaan GCG. Manfaat yang diharapkan adalah memberikan acuan yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk suatu perusahaan mengenai perlunya memasukkan aspek yang terkait dengan GCG dalam pembentukkan budaya perusahaan, memberikan acuan untuk mengetahui tingkat kemampuan budaya perusahaan dalam mendorong pelaksanaan GCG di PT Aneka Tambang, Tbk., dan memberikan gambaran mengenai penerapan budaya perusahaan terhadap pelaksanaan GCG pada perusahaan, baik perusahaan swasta, BUMN, maupun dalam organisasi pemerintahan.
Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan dan Staf pada PT Aneka Tambang, Tbk. sejumlah 2460 karyawan yang diseleksi melalui Tes CPNS maupun seleksi khusus bagi tenaga ahli yang dibutuhkan. Jumlah anggota sampel sering dinyatakan dengan ukuran sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel dengan probability sampling, yaitu simple random sampling dan pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi.
Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homegenitas dengan uji Bartlett, dan uji regresi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuseioner yang terdiri dari 20 (dua puluh) pertanyaan mengenai Peranan Budaya Perusahaan sebagai variabel terikat (X) dan 20 (dua puluh) pertanyaan mengenai Penerapan GCG sebagai variabel bebas (Y).
Dari hasil analisis regresi linear sederhana dan hubungan sederhana, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara Peranan Budaya Perusahaan (X) dengan Penerapan GCG (Y) sehingga hipotesis korelasi (Ho) diterima, yaitu Terdapat Hubungan Peranan Budaya Perusahaan (X) dengan Penerapan GCG (Y). Angka hubungan antara Budaya Perusahaan (X) dengan GCG (Y) menghasilkan angka 0,606. Hal itu menunjukkan hubungan yang kuat antara Budaya Perusahaan (X) dengan Penerapan GCG (Y). Kekuatan tersebut didapat berdasarkan hasil pengujian signifikasi korelasi sebesar t – hitung = 0,70188 > t – tabel = 2,374 adalah signifikan. Hal itu menunjukkan semakin baik Budaya Perusahaan (X), semakin baik GCG (Y).
Manfaat pelaksanaan GCG bagi PT Aneka Tambang, Tbk., yaitu dapat meningkatkan shareholder value, mendapatkan dan menjaga kepercayaan investor dan kreditor, dapat menarik investor dari luar, memperoleh citra yang baik, dan menciptakan iklim yang sehat.  PT Aneka Tambang, Tbk. masih dapat meningkatkan penerapan budaya perusahaan guna lebih meningkatkan GCG dengan mempelajari pengaruh lain terhadap pelaksanaan GCG yang sebesar 63,3%. PT Aneka Tambang, Tbk. perlu menginternalisasikan budaya yang ada, seperti orientasi individu dan orientasi kelompok serta mempertahankan orientsi hasil agar pelaksanaan GCG dapat tetap dipertahankan. Implementasi penelitian ini untuk perusahaan lain ada kemungkinan terjadi perbedaan.

0 komentar:

Posting Komentar